Selasa, 15 Agustus 2017

Cara Mencegah Penyakit Asma

Asma adalah suatu gangguan pernafasan yang di sebabkan karena saluran udara yang menyempit dalam ternggorokan yang mengakibatkan pembengkakan  dan menghasilkan lendir tambahan. Hal tersbut dapat menyebabkan kesulitan bernafas, memicu atuk, mengi dan sesak nafas.

Cara mencegah asma :






  • Menjaga kebersihan tempat tidur

Peralatan tidur seperti kasur, bantal, dan seprei merupakan salah satu tempat bersarangnya tungau penyebab asma. Sebaiknya dalam semingu sekali mencuci peralatan tidur seperti kasur, sprei, dan bantal, hal tersebut bertujan untu mengurangi kelembaban dan membantu mencegah jamur.

  • Bersihkan karpet dan mainan anak-anak

Karpet dan mainan anak-anak seperti boneka merupakn salah satu sarang untuk debu untuk penyebab alergi dan asma. Dengan membersihkan benda-benda tersebut.

  • Menjaga sirkulasi udara

Jamur merupakan salah satu pemicu gangguan asmayang umum. Untuk mengurangi hal tersebut, jagalah sirkulasi udara dengan baik dn enjaga kamar mandi agar tetap bersih dan kering.

  • Hindari merokok

Asap rokok merupakan salah satu musuh bagi penyakit asma, karena bahaya asap rko dari sulutan api dapat menjadi gangguan asma. Untuk itu hindari kebiasaan merokok maupun menghisap asap rokok dari orang sekitar.

  • Menghindari stres

Emosi dan rasa khawatir yang intens dapat memperbahaya gejala asma. Untuk dapat menghindari stres karena berbagai macam masalah, bisa dengan menyalurkan hobby atau refresig untuk refleksi. Degan hal ini  dapat menenangkan pikiran anda seperti sedia kala.

  • Menghindari udara yang terlalu dingin

Udara yang terlalu dingi di yakini bahwa mampu memicu timbulnya gangguan asma misalnya apabila terjadi masuk angin. Untuk itu persiapa diri sebelum  terjadinya perubahan cuaca dingin agar lingkungan agar tetap hangat.

  • Menghindari sumber yang dapat menimbulkan alergi

Pada saat tetentu jenis tanaman akan mengalami proses penyerbukan.Hal tersebut kan terjadi penebaran serbuk sari yang di percaya sebagai salah satu alergen penyebab asma. Sebaiknya agar tetap tinggal di rumah selam proses penyerbukan berlangsung.

  • Selalu memperhatikan keadaan cuaca

Akibat dari cuaca yang terlalu panas, lembab, serta kualitas udara yang buruk dapat memperburuk gejala asma bagi sebagian orang. Batasi aktivitas di luar saat kondisi cuaca terjadi perbahan.

  • Melakukan olahraga ringan di dalam ruangan

Melakukan kegiatan fisik yang ringan sangatlah baik bagi kesehatan orang-orang yang menerita gangguan asma. Untuk dapat menghindari gangguan resiko terkena asma, sebaknya melakukan kegiatan olahraga iyang ringan di dalam ruangan yang lebih hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar