Senin, 14 Agustus 2017

Penyebab Penyakit Asma

Asma merupakan jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang di tandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernafasan yang menimbulkan sesak atau susah bernanfas. Selain sulit bernafas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma dapat di derita oleh semua golongan, baik muda ataupun tua.




Meski penyebab pasti asma belum di ketahui dengan jelas, namun ada beberapa hal yang kerapa memicunya, seperti asap rokok, bulu binatang, debu, aktivitas fisik, udara dignin, infeksi firus, atau terpapar zat kimia.

Seseorang penderita penyakit asma saluran pernafasannya akan lebih sensitif di bandingkan dengan mereka yang tidak memiliki asma. Saat paru-paru teriritasi oleh hal yang seperti di atas, maka otot-otot saluran pederita asma akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit. Selain itu akan terjadi peningkatan reproudksi dahak yang mengakibatkan akan semakin sulit bernafas.

Ada beberapa penebab penyakit asma :


  • Keturunan

Penyakit asma merupakan salah satu penyakit keturunan. Jika dalam sebuah keluarga terdapat riwayat penyakit asma, maka anggota keluarga yang lain kemungkinan besar memiliki atau mengidap penyakit asma.

  • Lingkungan

Lingkunagn yang kotot dan di penuhi debu dapat menjadi gejala awal terjadinya asma. Di anjurkan menerapkan pola hidup sehat, pla hidup sehat yang di anjurkan di antaranya adalah membersihkan rumah dari debu dan meghindari benda yang dapat menimbulkan alergi seperti kasur dan bantal kapuk, dan boneka berbulu halus.

  • Kondisi udara

Kondisi dari udara yang tidak menentu dapat menyebabkan terjadinya asma, apalagi saat udara berubah-uabh secara ekstrim, seperti terlalu panas dan berubah menjadi terlalu dingin.

  • Kondisi saluran nafas

Asma terjadi saat saluran pernafasan mengalami peradangan sehingga menyempit dan mengakibatkan sulit untuk bernafas. Diluar faktor lingkungan yang bisa menyebabkan peradangan pada saluran pernafasan, mmang banyak orang yang memiliki saluran pernafasan yang sensitif sehingga mudah mengalami peradangan.

  • Makanan

Makanan juga dapat menjadi penyebab penyakit asma. Beberapa makanan yang dapat menebabkan terjadinya penyakit asma adalah kacang tanah, cokelat, junk food berkadar SGM tinggi, dan minuman dingin.

  • Stres

Sudah terbukti stres dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan. Mereka yang memiliki tingkat stres yang tinggi apalagi depresi bisa mengalami beragai gangguan, salahsatunya termasuk asma.

  • Olahraga berlebihan

Olahraga memang salah satu obat yang paling umum dan sangat baik untuk kesehatan. Namun bukan berarti dengan berolahraga yang berlebihan, dengan berolahraga yang berlebihan itu bisa mengganggu kemampuan pernafasan dan timbulnya  gejala asma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar