Senin, 14 Agustus 2017

Gejala Penyakit Asma

Asma merupakan salah satu penyakit jangka panjang yang membuat penderitanya merasa sulit untuk bernafas. Saat asma kambuh akan terdengar suara "ngik" atau di sebut mengi.





Berikut beberapa gejala penyakit asma :


  • Sulit bernafas

Gejala yang sering banyak di alami penderita asma adalah sulit untuk bernafas. Biasanya gejala ini menjadikan penderita menjadi sesak nafas dan membuat penderitanya sampai mengap-mengap. Nafas penderita asma akan menjadi setengah-setengah dan akan sangat mengganggu penderitanya.

  • Lelah dan lesu

Penderita asma juga akan sering mengalami rasa lelah dan lesu walau hanya melakukan pekerjaan yang sederhana. Lelah dan lesu di akibatkan kurangnya oksigen di dalam tubuh, karena sirkulasi oksigen mengalami gangguan atau tidak lancar karena adanya penyempitan di saluran pernafasan. Kurangnya oksigen akan mempengaruhu seluruh organ pada tubuh.

  • Sesak pada bagian dada

ciri-ciri asma yang satu ini sudah idengtik dengan penyakit asma ini dengan adanya rasa sakit di dalam dada. Itu terjadi karena di bagian dada akan terkena tekanan udara yang tidak bisa keluar masuk dengan sempurna. Rasa seseak akan terjadi pada saat penderitanya selesai makan karena akan ada tekanan dari bgian perut ke bagian dada.

  • Sulit melakukan banyak hal

Sulit melakukan bnyak hal merupakan salah satu kerugian dari penyakit asma. Para penderita penyaktit asma akan sulit melakkan banyak hal dan terutama pada saat asmanya kambuh. Bukan haya itu saja seseorang yang terkena asma sangat sulity untukmelakukan pekerjaan yang berat.

  • Gugup dan tegang

Karena adanya permasalan pada bagian pernafasa dan di sertai dengan rasa sakt pada bagian dada maka dapat memicu rasa gugup dan tegang sehinggaa penderitanya akan merasakn rasa yang sangat tidak nyaman dan terutama pada saat asma menyerang. Mungkin anda dengan mencoba rileks dan dengan mengatur olah pernafasan.

  • Mual dan muntah

Tidak jarang juga penderita penyakit asma mengalami mual dan muntah yang tidak tertahankan. Hal ini terjadi terutama pada saat penyakit asma sudah mulai menyerang, adnya tekanan di dalam dada mengakibatkan tekanan di bagian lambung dan memicu naiknya asam lambung dan hal ini sudah menjadi salah satu gejala yang banyak di rasakan oleh penderita penyakit asma.

  • Demam ringan

Demam ini memang tidak terlalu kentara namun akan mebuat penderitanya akan merasakan cepat lelah dan lesu serta tidak memiliki daya dan upaya lagi untuk melakukan berbagai aktivitas.

  • Gatal pada tenggorokan

Para penderta penyaikit asma juga akan mengalami gatal-gatal pada tenggorokan.akibat adnya udara yang masuk keluar tidak lancar sehingga menyebabkn adanya ganngguan di dalam. Keadaan tersebut menjadi hal yang tidak megenakanbagi para penderitanya namun mereka memang harus mengalami hal tersebut sebagai konsekuensi atas penyakit yang di deritanya.

  • Sulit konsenterasi

Hal lain yang akan di alami oleh penderita penyakit asma adalah kurangnya konsenterasi dan tidak fokus. Biasanya penderita asma yang mengalami hal seperti ini akan merasa lelah dan bosan dengan keadaanya. Sangat penting bagi penderita asma untuk mendapatkan dukungan terutama dari keluarga
terdekat dan teman dekat supaya dirinya tetap bersemangat menjalani harinya.

  • Sakit kepala

Akibat kekurangan asupan oksigen ke dalam seluruh tubuh termasuk ke dalam kepala akan menjadikan kepala mudah sakit dan anda juga sangat mudah untuk mengantuk.

  • Sulit makan

Sulit makan lebih sering di alami oleh penderita asma yang masih anak-anak, mereka akan cenderung sulit untuk makan oleh sebab itu tidak heran jika anak-anak penderita asma tubhnya kurus karena sulit makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar